Selasa, 20 September 2011

Membuat Telur Rebus Memakai Pewarna.


Telur rebus yang dibuat berwarna-warni jangan dimakan jika memakai zat pewarna non makanan, seperti zat pewarna tekstil ! Usahakan memakai zat perwarna khusus untuk makanan, hingga aman disuguhkan untuk disantap. Di bawah ini disajikan bagaimana langkah-langkah untuk membuat telur rebus berwarna menarik.

1. Masukkan telur ke dalam air untuk direbus.
Spoiler for Masukkan telur ke dalam air untuk direbus.:



2. Rebus telur sampai mendidih.
Spoiler for Rebus telur sampai mendidih.:



3. Telur yang telah direbus, dibikin retak-retak dengan pencetan tangan.
Spoiler for Telur yang telah direbus, dibikin retak-retak dengan pencetan tangan.:



4. Telur yang telah retak-retak.
Spoiler for Telur yang sudah retak:



5. Siapkan zat pewarna.
Spoiler for Zat pewarna:


Usahakan memakai zat perwarna khusus untuk makanan, hingga aman disuguhkan untuk disantap.


Berikut beberapa pewarna alami yang bisa Anda manfaatkan.
Spoiler for Pewarna Alami:

Daun Suji
Warna yang dihasilkan dari daun suji ini adalah hijau. Agar lebih sempurna, daun suji seringkali dicampur dengan daun pandan sehingga selain memberi warna sekaligus juga memberi aroma harum pada makanan, kue dan minuman Anda.

Cara membuat: Iris halus daun suji dan daun pandan, haluskan dengan cara ditumbuk atau diblender, peras, dan saring, lalu tambahkan air kapur sirih sebagai pengawetnya. Masukkan ke dalam botol tertutup, lalu simpan di lemari es.

Kayu Secang
Secang (Caesalpinia sappan L.) adalah tanaman berkayu yang biasa dimanfaatkan bagian batangnya.

Cara menggunakannya: batang basah diserut dan dikeringkan. Serutan batang kayu secang kering direbus dengan air dan disaring, baru dicampurkan ke dalam adonan atau bahan yang akan diwarnai. Secang memberikan warna merah. Kayu secang dapat diperoleh di toko yang menjual jamu tradisional.

Angkak
Warna merah angkak sangat potensial sebagai pengganti warna merah sintetis. Saat ini angkak digunakan pada berbagai produk makanan seperti pada pembuatan anggur, keju, sayuran, pasta ikan, kecap ikan, minuman beralkohol, aneka kue, serta produk olahan daging seperti sosis. Angkak digunakan dengan cara diseduh air panas, air seduhan pertama dibuang karena rasanya pahit. Baru pada seduhan ketiga disaring, lalu haluskan. Pewarna merah juga dapat diperoleh dari kulit bunga rosella (Hibiscus Sabdariffa L) dengan cara diseduh air panas terlebih dahulu sebelum digunakan, atau diperoleh dari bit yang direbus lalu diambil airnya, atau diblender bitnya.

Bunga Telang
Bunga telang berwarna biru keunguan yang banyak tumbuh di Asia. Warna biru keunguannya dapat digunakan sebagai pewarna alami biru pada penganan.

Cara menggunakan: cuci bersih bunga telang, remas-remas atau tumbuk dengan sedikit air matang, lalu saring. Bisa juga dengan merebus bunga talang hingga bunga layu dan airnya berwarna biru, kemudian saring dan diambil airnya. Alternatif lain bisa juga dengan cara merendam bunga telang dengan air panas hingga airnya berwarna biru, remas-remas, saring, dan ambil airnya. Untuk menyimpan dalam waktu lama, bunga telang bisa dikeringkan dengan cara dijemur di sinar matahari, lalu masukkan ke dalam kemasan yang kering dan tertutup.

Kunyit
Warna kuning dari kunyit diperoleh dengan cara diparut sampai halus, diperas atau dicampurkan langsung ke makanan. Saat ini bubuk kunyit juga banyak dijual di toko swalayan.

Kluwek, Abu Merang dan tinta cumi
Untuk hidangan atau kue yang berwarna hitam dapat digunakan abu merang yang dibuat dari merang yang dibakar,lalu diayak. Atau bisa juga kluwak kwalitas baik dipecahkan, lalu diambil daging buahnya untuk kemudian dihaluskan dan dicampur dengan bumbu lainnya, atau dari tinta cumi yang dilarutkan dengan air.


6. Masukkan telur ke dalam plastik, kemudian tuangkan zat pewarna ke celah-celah retakan telur.
Spoiler for tuangkan zat pewarna:



7. Bungkus telur dengan plastik agar warnanya merata.
Spoiler for Bungkus telur dengan plastik agar warnanya merata.:



8. Keluarkan telur dari plastik, kemudian guyur dengan air bersih.
Spoiler for Cuci telur:



9. Kupas kulit telur yang telah diberi zat pewarna.
Spoiler for Kupas kulit telur yang telah diberi zat pewarna.:



10. Telur siap disajikan
Spoiler for telur siap disajikan:


Telur rebus berwarna-warni yang telah terkupas, siap disajikan untuk perhiasan jika memakai pewarna non makanan (seperti pewarna tekstil), atau untuk disantap jika memakai pewarna makanan.


11. Belahan telur rebus berwarna.
Spoiler for Belahan telur rebus berwarna.:



Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8780836

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post