Jumat, 23 September 2011

Imunisasi Sudah Lengkap, Anak Tetap Bisa Vaksin Campak Lagi

Jakarta, Meski sudah mendapatkan imunisasi secara lengkap, bayi dan anak Anda masih bisa mendapatkan imunisasi tambahan campak dan polio yang juga diberikan gratis oleh pemerintah. Imunisasi tambahan ini tidak akan mengurangi fungsi vaksin atau menyebabkan over dosis.

Pada 18 Oktober hingga 18 November mendatang, akan diadakan kampanye imunisasi tambahan campak dan polio serentak di 17 provinsi di Indonesia. Imunisasi tambahan gratis ini diharapkan dapat meningkatkan perlindungan terhadap seluruh bayi dan anak dari penyakit campak serta polio.

Kampanye imunisasi tambahan campak dan polio merupakan kegiatan imunisasi tambahan untuk memberikan imunisasi campak pada anak umur 9-59 bulan dan imunisasi polio pada anak umur 0-59 bulan, secara gratis tanpa melihat status imunisasinya.

"Bayi atau anak yang sudah pernah atau sudah lengkap imunisasinya tetap boleh mendapatkan imunisasi tambahan ini. Imunisasi tambahan ini tidak akan mengurangi fungsi vaksin sebelumnya atau menyebabkan over dosis. Anak yang sedang sakit ringan atau sedang minum obat saja boleh ikut, nggak ada masalah," jelas Dr Soedjatmiko, SpA, Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia, dalam acara jumpa pers di Gedung Kemenkes, Jumat (23/9/2011).

Dr Soedjatmiko menjelaskan, campak dan polio adalah penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kelumpuhan bahwa kematian. Tapi banyak masyarakat yang masih keliru dan menganggap penyakit ini biasa-biasa saja.

"Campak dan polio itu penyakit berbahaya dan sangat mudah menular. Nah, imunisasi adalah cara yang paling efisien dan efektif untuk mencegahnya," jelas Dr Soedjatmiko.

Menurut Dr Soedjatmiko meski sudah diimunisasi, masih ada 15 persen kemungkinan bayi dan anak tertular virus campak. Bila ada 100 anak yang telah diimunisasi, maka 15 anak masih mungkin terkena campak.

"Tapi kalau sudah diimunisasi, penyakitnya akan lebih ringan dan tidak berbahaya. Inilah mengapa imunisasi tambahan diperlukan. Yang sudah imunisasi saja masih bisa kena, apalagi yang belum," lanjut Dr Soedjatmiko.

Imunisasi tambahan campak akan diberikan di pos-pos Pelayanan Imunisasi yang ditentukan dan diberi tanda khusus yaitu Posyandu, Puskesmas Pembantu, Puskesmas atau sarana kesehatan lainnya secara gratis.

17 provinsi yang akan serentak mendapatkan kampanye imunisasi tambahan pada 18 Oktober-18 November 2011 adalah Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat
Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, NTB dan Papua.

(mer/ir)

Sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post